Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan

Posted by hanif amin Senin, 06 Mei 2013 4 komentar

 Mempertahankan Kemerdekaan

  Halo kawan,apa kabar? Semoga baik ya dan salam sejahtera buatmu. Kali ini, saya akan posting tentang kisah perjuangan para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan. Pertempuran   terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jadi,pertempuran ini dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan.

 1.Pertempuran Ambarawa
  
 Pertempuran Ambarawa dimulai dari mendaratnya tentara sekutu yang dipimpin Brigjen (Brigadir Jendral) Bethel di Semarang. Mereka bertujuan untuk mengurus tawanan perang dan tentara Jepang. Mulanya, sekutu ini disambut baik oleh rakyat. Namun, bentrokan senjata mulai terjadi.

  Hal ini dikarenakan tentara sekutu diboncengi oleh NICA yaitu pemerintah sipil Belanda yang bertujuan membebaskan tentara Belanda secara sepihak. Bentrokan senjata ini meluas menjadi pertempuran antara pejuang Indonesia dengan Belanda.  Akhirnya, pejuang diplomasi Indonesia, yaitu presiden Soekarno berunding dengan Brigjen Bethel. Akhirnya, tentara sekutu pergi menuju Ambarawa.

  Tetapi,pada saat mundur sekutu mencoba menduduki 2 desa. Akhirnya,para pejuang kembali bertempur untuk membebaskan kedua desa. Dalam pertempuran ini, Letkol Isdiman gugur. Akhirnya, kolonel Sudirman terjun ke medan perang menggantikan Letkol Isdiman.

  Dengan semangat baru kemerdekaan, para pejuang menggempur sekutu dari berbagai wilayah, dan pada 12 Desember pejuang Indonesia menyerang sekutu secara serentak hingga akhirnya sekutu dapat dipukul mundur pada tanggal 15 Desember.

  Dalam pertempuran ini, banyak pejuang yang gugur. Untuk itu, dibangun Monumen Palagan dan setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai hari Infantri.

 
 Data-data:
Tanggal kejadian:20 November-15 Desember 1945.
Penyebab Utama: NICA memboncengi pihak sekutu dan membebaskan para tentara Belanda secara sepihak.
Tokoh-tokoh yang berperan:Letkol Isdiman yaitu pemimpin pejuang Indonesia di Ambarawa dan Kolonel Sudirman yaitu pengganti Letkol Isdiman serta jangan lupakan para pejuang Indonesia.

 2.Pertempuran 5 Hari di Semarang
 Berlangsung antara para pemuda melucuti tentara Jepang Yang terjadi pada tanggal 14 Oktober 1945. Para tawanan perang AL Jepang yang berjumlah +- 400 orang bergabung dengan Kidobutai pimpinan mayor Kido di Jatingaleh melakukan perlawanan.

  Korban ditaksir berjumlah 2.000 pemuda dan 1000 orang tentara Jepang termasuk kepala laboratium Semarang Dokter Karyadi. Untuk mengenang jasa para pejuang, dibangunlah Tugu Muda.

 
 Data-data:
Tanggal Kejadian:14 Oktober 1945
Penyebab Utama: Perlawanan tentara Jepang.
Tokoh-tokoh yang berperan: Para pemuda Semarang.

 

Pelajaran yang kita dapat dari berbagai pertempuran ini adalah kemerdekaan merupakan hal yang sangat mahal harganya, pejuang rela mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan. Jika bukan karena jasa pejuang, tidak mungkin kita bisa hidup seperti sekarang, oleh karena itu teruskan perjuangan para pahlawan dengan belajar agar tidak dijajah oleh diri sendiri.

 Nah kawan, sekian posting saya tentang berbagai pertempuran semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan dll. silahkan berkomentar. Komentar dapat direspon lebih cepat jika menghubungi lewat facebook di:
1.http://www.facebook.com/hanif.amin
2. http://www.facebook.com/pages/Hando-Great-Blog/617692718259333?fref=ts










 








 






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan
Ditulis oleh hanif amin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bloggerhando.blogspot.com/2013/05/pertempuran-kemerdekaan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai pembahasan dan menggunakan bahasa yang baku. :D

Ricky Pratama's Blog support EvaFashionStore.Com - Original design by Bamz | Copyright of BLOG UMUM BERBAGAI INFO.